AS Porak-poranda, Tornado 'Gulung' Texas hingga Oklahoma-5 Tewas



Jakarta, Seputar dunia - Puluhan tornado melanda sebagian wilayah Amerika Serikat (AS). Sedikitnya lima orang tewas menurut keterangan petugas setempat.

Sebanyak 78 tornado terjadi Jumat di Nebraska dan Iowa. Pada Sabtu Sabtu 35 laporan tornado terjadi di Texas utara dan Oklahoma ke Missouri.

Ahli memperingatkan ini sebagai cuaca ekstrem. Hingga Minggu, peringatan masih diberikan, bukan hanya tornado tapi banjir bandang hingga hujan es.

Mengutip AFP, Sulphur, di Oklahoma tengah-selatan, terkena dampak paling parah dari tornado Sabtu malam. Sejumlah video dan gambar yang diposting di media sosial juga menunjukkan sejumlah bangunan hancur.

Sebuah truk pos terdampar di atas reruntuhan sebuah bangunan dan pepohonan. Balok-balok kayu juga berserakan di mana-mana.

"Empat orang dipastikan tewas di seluruh negara bagian," kata Gubernur Oklahoma Kevin Stitt dikutip Senin (29/4/2024).

Ia menjelaskan kerusakan terburuk terjadi di Sulphur. Menurutnya ini yang terburuk yang pernah dilihatnya dalam enam tahun masa jabatannya.

"Sepertinya semua bisnis di pusat kota kini hancur," katanya.

Dalam laporan Departemen Manajemen Darurat (OEM), seorang bayi juga menjadi korban di Oklahoma. Ia termasuk dua korban dari wilayah Holdenville.

Korban lain di negara bagian itu datang dari Marietta. Di wilayah itu , jalan raya mendapat kerusakan terberat dengan beberapa mobil rusak di sepanjang sisi jalan, dengan dua semi-truk terbalik dan sebuah gudang di dekatnya robek.

Menurut Layanan Cuaca Nasional penyelidikan awal telah mengonfirmasi bahwa tornado di Sulphur dan Marietta setidaknya berkekuatan EF-3 pada Skala Fujita Lima tingkat. Ini berarti hembusan angin di atas 136 mil (218 kilometer) per jam.

Pemerintah telah mengumumkan keadaan darurat selama 30 hari untuk mempercepat bantuan ke 12 wilayah yang terkena dampak paling parah. Gubernur mengatakan dia telah menghubungi otoritas federal untuk meminta bantuan.

Sementara itu, di Iowa, seorang pria terluka akibat angin puting beliung. Namun ia kemudian meninggal di rumah sakit.

"Lebih dari 25.000 rumah di Texas dan lebih dari 19.000 di Oklahoma tanpa listrik pada Minggu sore," kata poweroutage.us melaporkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana militer AS berencana membangun dermaga dan mengirimkan makanan ke Gaza

Perang Saudara Tetangga RI Makin Panas, Para Jenderal 'Menghilang'

Laut Merah Membara Lagi, Houthi Ngamuk Tembak Drone-Rudal ke Kapal AS