JEPANG GARAP MRT FASE 3 JALUR MEDAN SATRIA-TOMANG, LANJUT KEMBANGAN?
“Tahap pertamanya (batch 1 stage 1) Medan Satria sampai Tomang dulu. (Tomang-Kembangan) 9 Km lagi kan. Mudah-mudahan tidak ada tantangan,” tegasnya.
Sementara itu, dia melaporkan progres pembangunan MRT Jakarta Fase 2A, dari Bundaran HI sampai Kota per 25 Maret 2024 sudah mencapai angka 33,36%. Adapun progres itu, ia merinci, terdiri dari sejumlah progres pembangunan stasiun, diantaranya untuk proyek Stasiun Thamrin dan Monas 74%. Kemudian Stasiun Harmoni, Sawah Besar, dan Mangga Besar disebutnya sudah mencapai angka 28%. Sementara untuk stasiun Glodok-Kota, berada di angka 50%.
Sementara untuk paket kontrak CP 206 rolling stock (ratangga) atau untuk pengadaan gerbong, Tuhiyat menyebut sedang dalam proses penyusunan proposal dan kualifikasi calon priber, dan untuk paket kontrak CP 207 mengenai sistem tiket, lanjutnya, sedang dalam proses penyusunan dokumen tender.
Meski demikian, Tuhiyat menjamin MRT Jakarta Fase 2A Bundaran HI-Monas bisa beroperasi pada 2027. Sedangkan untuk proyek MRT Jakarta Fase 2A Harmoni-Kota, diperkirakan rampung pada akhir 2029. Artinya, rute Bundaran HI-Kota akan tersambung penuh dan bisa mulai beroperasi pada 2029 mendatang.
“Kami menargetkan operasional MRT Jakarta Fase 2A, yakni Bundaran Hotel Indonesia hingga Monas yaitu pada tahun 2027 beroperasi. Sedangkan untuk harmoni sampai dengan kota ini adalah lanjutannya diperkirakan pada akhir tahun 2029,” pungkasnya.
Komentar
Posting Komentar